RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA UTAMA WACANA METRO
Kelas/Semester : XI / GANJIL
Mata Pelajaran : FISIKA
Waktu : 3 jam (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis gejala alam dan
keteraturannya dalam cakupan
mekanika
benda titik.
Kompetensi Dasar : 1.2 Menganalisis keteraturan gerak
planet dalam tata surya
berdasarkan
berdasarkan hukum – hukum newton
Indikator : 1. Menjelaskan hubungan
gravitasi dengan keteraturan gerak
planet dalam tata surya.
2. Merumuskan
hubungan hukum gravitasi Newton dengan hukum-
hukum Kepler
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat
menjelaskan hubungan gravitasi dengan keteraturan gerak planet dalam tata surya.
2.
Siswa dapat
memahami gerak satelit berdasarkan hukum Newton
3.
Siswa dapat
merumuskan hubungan hukum gravitasi Newton dengan hukum-hukum Kepler.
B.
Materi
Ø Hubungan hukum gravitasi Newton dengan hukum
Keppler. (halaman 43-45)
Ø Gerak Planet dan Gerak Satelit (halaman 45-48)
C.
Karakteristik
Siswa
Religius, rasa
tanggungjawab, disiplin,
D.
Metode : ceramah, diskusi, tanyajawab.
Model : STAD & talking numbered
E.
Kegiatan
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Kegiatan
Awal
1. Membuka
Pelajaran
a. Guru
memberi salam
b. Ketua
kelas memimpin doa
c. Siswa
menyiapkan buku, alat tulisnya, dan bahan ajar.
2. Apersepsi
a. Guru
menjelaskan kompetensi dasar, indicator, dan tujuan pembelajaran yang harus
dicapai
b. Mengapa
planet-planet, bintang, dan bumi bergerak mengelilingi matahari? dan tidak
bertabrakan!
c. Mengapa
satelit apolo dapat mengelilingi bumi?
3. Motivasi
a. Dengan
mempelajari gerak antar planet terutama satelit bumi dan hubungan gravitasi
newton dengan hukum kepler itu berarti kita dapat mengetahui garis edar antar
planet, gaya gravitasi antar planet, dan peluncuran gerak satelit dalam orbit
bumi
|
20
menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
A. Eksplorasi
1. Guru
menjelaskan materi tentang hukum kepler
2. Guru
bersama dengan siswa merumuskan
hubungan gaya gravitasi newton dengan
hukum
kepler
3. Guru
menjelaskan tentang gerak satelit
4. Guru
memberikan contoh soal
5. Siswa
mengerjakan soal yang telah diberikan
6. Siswa
diberikan waktu untuk mengerjakan soal selanjutnya bersama temannya
7. Siswa
yang mengerjakan soal paling banyak akan diberi reward
8. Siswa
diberikan tugas rumah PR dalam LKS
B. Elaborasi
1. Siswa
diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
2. Guru
menanggapi presentasi siswa, juga mengingatkan pentingnya komunikatif dan menghargai presentasi
C. Konfirmasi
1. Guru
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan maupun
tulisan.
2. Guru
memberikan reward
|
100 menit
|
3.
|
Kegiatan
akhir
1. Dengan
cara Tanya jawab, dilakukan kegiatan
menyimpulkan untuk memperkuat pemahaman
siswa.
2. Siswa
diberi PR untuk dikerjakan, dan dibahas
pada pertemuan selanjutnya
3. Guru menutup kegiatan
pembelajaran
|
15
menit
|
Jumlah
jam
|
135
menit
|
F.
Sumber Belajar
1. Buku Fisika
dan Kecakapan Hidup Untuk SMA Kelas X, terbitan Ganeca Axact
2. Modul
pembelajaran Fisika SMA kelas X
3. Lembar Kerja
Siswa (LKS)
G.
Bentuk Penilaian
Teknik Penilaian : Tes Tertulis, Essay
Bentuk Instrumen : Uraian
Contoh Instrumen : terlampir
NILAI = Skor Yang Diperoleh X 100
SKOR
MAKSIMAL
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking