Sondag 09 Junie 2013

PLTU





        Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Berbagai energi yang telah kita ketahui diantaranya adalah energi air, energi angin, energi uap, energi listrik, energi matahari, dan masih banyak lagi.
Berbicara mengenai energi listrik tentulah kita masih ingat adanya PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), PLTN (Pembangkit Litrik Tenaga Nuklir), PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel), PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Matahari), PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas), dan  PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap).
       Pada masa kini sebagian besar peralatan manusia menggunakan energi listrik. Energi listrik dihasilkan oleh pusat pembangkit listrik. Pusat pembangkit listrik dapat menggunakan air, diesel, nuklir, gas , angin, matahari dan dapat pula menggunakan uap. Energi uap dapat digunakan untuk memutar turbin. Turbin yang berputar akan menggerakkan generator. Generator menghasilkan energi listrik. Pembangkit listrik ini akan menghasilkan arus listrik yang besar yang dialirkan melalui kabel-kabel berukuran besar melalui tiang tinggi atau bawah tanah dan kemudian sampai ke rumah-rumah.
       Energi tenaga uap pertama kali diciptakan oleh seorang pemuda Inggris yang bernama Thomas Newcomen pada tahun 1712. Dia membuat sebuah model mesin uap, akan tetapi mesin uap buatannya masih mempunyai kekurangan yaitu memerlukan banyak air dan batu bara.
Pada tahun 1763, James Watt seorang pemuda London menyempurnakan kekurangan itu sehingga menghemat energi dan bahan bakar.
         Perkembangan selanjutnya di tahun 1800, seorang ahli matematika dan ilmuwan Yunani kuno bernama Hero dari Alexandria menemukan mesin uap. Sebuah bola dihubungkan dengan pipa kecil pada dua sisinya dan dipasangkan pada sebuah ketel atau ceret kecil yang diisi dengan air mendidih. Ketika uap air keluar melalui lubang angin pada sisi ceret dan masuk pada pipa yang dihungkan dengan bola maka bola tersebut akan berputar.
Pendirian PLTU yang marak di Indonesia karena ekplorasi tambang batubara di negara Indonesia tersedia begitu besar. Semula ditemukan pertama kali mesin tenaga uap. Tenaga uap dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi yang berguna untuk keperluan sehari-hari. Salah satu tenaga uap dimanfaatkan oleh manusia adalah untuk menghasilkan energi listrik, dalam hal ini adalah PLTU ( Pembangkit Listrik Tenaga Uap ).
       Dalam menghasilkan energi listrik, PLTU membutuhkan bahan bakar untuk mengolah air menjadi uap, kincir untuk menggerakkan generator, generator untuk menghasilkan listrik. Di dalam generator atau dinamo terdapat magnet dan lilitan/kumparan. Magnet yang digerak-gerakkan di dalam kumparan akan menimbulkan energi listrik ( tenemuan Hans Oersted ).

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking